Selasa, 14 April 2015

Membuat UML Sistem POS (Point of Sales)

Nama / NIM  : Putri Isma Oktawiani / 1404505043
Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah :  Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen :  I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT




POS (Point of Sales)
Selamat malam readers, kali ini saya akan membuat UML sistem POs. Sudah pada tau kan sistem POS (Point of Sales)? Sedikit me-review sistem POS. Dalam dunia bisnis, Point Of Sales (POS) merujuk dalam pengertian tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (Cash Register). Sesuai dengan namanya, POS merupakan titik penjualan (Check-out) tempat di mana transaksi selesai. Ini adalah titik di mana pelanggan melakukan pembayaran dalam pertukaran barang atau jasa. Pada Point Of Sales penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran serta akan mengeluarkan tanda terima untuk transaksi pembelian.
Langsung saja kita kita buat Use Case Diagram menggunakan Dia Diagram

Use Case Diagram

Use case adalah gambaran fungsionalitas dari sistem, sehingga customer  atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan  dibangun.
Buka aplikasi use case diagram seperti gambar dibawah.



Selanjutnya buat desain use case sistem POS yang diperlukan. Apabila telah selesai, simpan use case yang memiliki format. dia seperti pada gambar dibawah.



Langkah selanjutnya export file .dia tersebut agar menjadi format gambar yaitu dengan format .jpg. Pilih menu file > Export > (Simpan nama dengan format.jpg)



Adapun tampilan Use Case Diagram Sistem POS yang telah dibuat seperti pada gambar dibawah




Penjelasan Hak Akses :
1. Admin
Admin disini memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara sistem, admin dapat mengakses sistem secara keseluruhan. Fitur - fitur yang dapat dilakukan admin adalah login, input data transaksi, lihat transaksi, hapus transaksi, cetak transaksi, input data barang, edit data barang, hapus data barang dan melihat laporan.

2. Kasir
Kasir disini memiliki peranan untuk memasukkan data transaksi, melihat data transaksi, cetak data transaksi. Kasir disini juga harus login dengan sistem terlebih dahulu.

Sequence Diagram
1. Sequence Diagram Login 
Kasir dan Admin harus selalu melakukan login untuk mengakses menu yang ingin ditampilkan. Disini saya menggunakan contoh pada Admin.



2. Sequence Diagram Input dan Lihat Data Transaksi
Kasir masuk ke halaman login dan mengisi username dan password jika username dan password benar maka kasir akan masuk ke form menu lalu di form menu menampilkan form transaksi, kasir selanjutnya bisa memasukkan data transaksi dan menghitung belanja pelanggan serta menampilkan data transaksi pelanggan.



3. Sequence Diagram Cetak Transaksi
Kasir masuk ke halaman login lalu kasir akan masuk ke form menu lalu di form menu menampilkan form transaksi, kasir selanjutnya bisa mencetak transaksi pelanggan



4. Sequence Diagram Input, Edit dan Hapus Data Barang
Admin masuk ke halaman login dengan mengisi username dan password. Jika username dan password benar maka admin akan masuk halaman data barang. Admin selanjutnya bisa memasukkan data barang, mengedit data barang, menghapus data barang dan melihat data barang.
a. Input data barang



b. Edit data barang



c. Hapus data barang



5. Sequence Diagram Laporan
Admin dapat melihat laporan transaksi mapupun laporan lainnya pada menu laporan.



Daftar Pustaka:
Cipikapay. 2014.  Mengenal Lebih Dekat, apa itu sistem Point of Sales. https://cipikapay.wordpress.com/2014/05/05/apa-itu-sistem-point-of-sales-pos/. Diakses tanggal 14 April 2015
jbptunikompp-gdl-hadityariz-31198-11-unikom_h-v[PDF]. Diakses tanggal 14 April 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gallery

Most Commented

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

2014 © Planer - Responsive Blogger Magazine Theme
Planer theme by Way2themes